Liverpool Mencari Tuah La Manga

Kabar Olahraga – Liverpool mengisi dua pekan tanpa pertandingan dengan melakukan perjalanan ke La Manga. Mereka melakukan training camp tengah musim. Apa yang dicari di La Manga?

Setelah sempat menguasai puncak klasemen bersama Chelsea, Liverpool menjalani periode buruk sepanjang Januari. Hanya menang sekali dari sembilan pertandingan di semua kompetisi.

Hasilnya, Liverpool tersingkir dari ajang Piala FA (kalah dari Wolverhampton) dan Piala Liga (kalah dari Southampton), juga rentetan hasil pertandingan tanpa kemenangan yang berdampak posisi mereka melorot hingga di luar empat besar di klasemen sementara Premier League.

Hingga awal Februari menjadi titik terhentinya semua hasil buruk tersebut. The Reds menang atas Tottenham Hotspur di Anfield pada 11 Februari lalu. Dan tepat setelah laga yang dimenangi dengan skor 2-0 itu, Jurgen Klopp mengumumkan agenda Liverpool selama dua pekan tanpa pertandingan.

“Dua atau tiga hari istirahat dan kemudian pre-season untuk sisa musim,” terang Klopp.

Dengan tidak adanya libur tengah musim di Premier League, jeda dua pekan tanpa pertandingan bisa sangat menguntungkan Liverpool. Dengan akhir kompetisi mendekati akhir, maka kelelahan semakin terakumulasi seiring dengan banyaknya pemain yang mendapat cedera.

Klopp yang merasakan untungnya libur tengah musim saat menangani Borussia Dortmund di Bundesliga tentu tahu caranya memanfaatkan kesempatan itu. Pilihan La Manga juga bukan hal asing buat Klopp, karena lagi-lagi dia pernah menyambanginya bersama Dortmund pada 2014 dan 2015. Pada 2015 itu, Dortmund berhasil bangkit setelah menjalani awal musim yang kacau dan berkutat di papan bawah.

La Manga yang berada di Spanyol bagian tenggara beriklim hangat dengan temperatur sekitar 18 derajat, memiliki lapangan yang standar FIFA. Dengan segala fasilitas lainnya, La Manga menawarkan tak sekadar tempat latihan tetapi juga hiburan. Ada pemandangan spektakuler Laguna Mar Menor dan Calblanque Natural Park yang bisa dilihat dari hotel.

Tapi seperti juga Klopp, kapten tim Jordan Henderson menegaskan niatnya dan rekan-rekan tim bahwa mereka menyegarkan fisik, mengangkat semangat dan mematangkan taktik.

“Kami akan berlatih keras di lapangan latihan. Kami harus memanfaatkan sebagian besar waktu itu dan mudah-mudahan akan mendapatkan keuntungan dari latihan di La Manga dan kemudian kita bisa meningkat sejak dari pertandingan berikutnya (vs. Leicester) hingga akhir musim,” ujar Hendo.

Klopp membawa 27 pemain ke La Manga, yakni Jordan Henderson, Sheyi Ojo, James Milner, Sadio Mane, Kevin Stewart, Philippe Coutinho, Daniel Sturridge, Joel Matip, Trent Alexander-Arnold, Alex Manninger, Adam Lallana, Ragnar Klavan, Divock Origi, Conor Masterson, Simon Mignolet, Georginio Wijnaldum, Alberto Moreno, Nathaniel Clyne, Harry Wilson, Emre Can, Connor Randall, Joe Gomez, Lucas Leiva, Yan Dhanda, Ben Woodburn, Loris Karius, Roberto Firmino.