Bukti Pengaruh 500 Hari Jurgen Klopp di Liverpool

Kabar Olahraga – Terhitung sudah 500 hari Jurgen Klopp menangani Liverpool. Sejak diperkenalkan di Anfield pada 8 Oktober 2015, apa saja pengaruh yang diberikan oleh pria yang mengkalim dirinya sebagai ‘The Normal One’ itu?

Bergabungnya Klopp ke Liverpool tentu disambut sukacita oleh mayoritas pendukung The Reds, dan tak sedikit pendukung tim lawan yang mengakui iri dengan keberhasilan Liverpool mendapat sosok karismatis ini. Dia datang dengan reputasi menjulang, membawa Borussia Dortmund bangkit dari masa-masa suram baik di dalam dan luar lapangan, dan membawanya meraih dua titel Bundesliga di tengah-tengah dominasi Bayern Munich.

Klopp datang membawa gegenpressing yang menjulangkan namanya, gaya sepak bola penuh energi, sepak bola gas pol sepanjang laga. Tak lama kemudian, sepertinya efek Klopp ini langsung menunjukkan hasil. Hanya ‘sekejap’ Liverpool dibawanya hingga ke Final Piala Liga Inggris (Februari 2016) dan Liga Europa (Mei 2016), setelah memenangi beberapa pertandingan dengan epik nan dramatis, seperti laga versus Dortmund di Anfield.

Meski kalah di dua final tersebut dan gagal mengamankan satu tiket ke kompetisi Eropa, suporter Liverpool bertambah keyakinan bahwa pria kelahiran Stuttgart itu bakal menghadirkan gelar di masa depan. Start baik di Premier League musim 2016-17 menumbuhsuburkan optimisme para Kopite, sampai Januari 2017 merusak momennya.

Secara permainan, Liverpool juga menunjukkan gaya yang diinginkan oleh Klopp, sepak bola Inggris sepak bola yang penuh pergerakan. Dia mengibaratkan para pemainnya bermain dalam kondisi hujan, lapangan berat, semuanya berwajah kotor dan lantas tak bisa bermain bola lagi hingga beberapa hari ke depan.

Hasilnya, statistik membuktikan Liverpool telah bermain sesuai keinginan Klopp. Sejak pria 49 tahun itu menangani Liverpool, tak ada tim Premier League yang lebih produktif dari mereka. Juga tak ada tim yang membuat tekel lebih banyak dari mereka.

Terproduktif Mencetak Gol Sejak Klopp Menangani Liverpool

Liverpool 109
Arsenal 106
Tottenham 104
Manchester City 103
Chelsea 99

Tekel Terbanyak Sejak Klopp Menangani Liverpool

Liverpool 1177
Leicester 1081
Tottenham 1074
Everton 1072
Manchester United 1065

Sprint Terbanyak Sejak Klopp Menangani Liverpool

Liverpool 31588
Tottenham 30133
Arsenal 30060
Bournemouth 28960
Manchester City 28889

Tetangga Everton ini juga menjadi tim dengan hasil jelajah lapangan paling tinggi (6354,93 km), begitu juga sebagai tim dengan sprint paling sering.

Dengan berbagai keunggulan yang tercatat oleh statistik itu, patut kita tunggu hasil akhir dari sentuhan manajerial The Normal One di Liverpool pada musim penuh pertamanya.