On This Day: Lahirnya Roberto ‘Il Divin Codino’ Baggio

Kabar Olahraga – Hari ini, pada 2017 menjadi ulang tahun ke-50 tahun Roberto Baggio. Mantan peraih Ballon d’Or 1993, yang menjadi salah satu legenda besar sepak bola dunia sepanjang masa.

Meski dikenang karena kegagalan penaltinya di Final Piala Dunia 1994, Baggio tetap merupakan salah satu pemain yang paling dicintai di Italia. Baggio juga yang menjadi pemain Italia yang mencetak paling banyak gol di Piala Dunia (bersama Paolo Rossi dan Christian Vieri), rinciannya dua gol di Piala Dunia 1990, lima gol di Piala Dunia 1994 dan dua gol di Piala Dunia 1998, menjadikannya satu-satunya pemain Italia yang mencetak gol di tiga Piala Dunia.

Kariernya membentang dari mulai membela Vicenza, Fiorentina, Juventus, AC Milan, Bologna, Inter Milan, dan Brescia. Mencetak 318 gol di semua kompetisi, sebagai pemain Italia keempat terbanyak. Si Kuncir Kuda memberi dua gelar Serie A Liga Italia untuk Juventus (1994-95) dan AC Milan (1995-96), ditambah satu gelar Piala UEFA dan Coppa Italia, keduanya untuk Juventus.

Dengan segala catatan statistik yang cemerlang, Baggio juga dikenang karena permainannya yang brilian. Tehniknya yang tinggi, aksi dribblingnya yang menawan dan tentu saja sebagai spesialis bola mati yang mematikan. Di kakinya, bola menuruti keinginannya. “Cara dia mengeksekusi tendangan bebas lain daripada yang lain,” kata Andrea Pirlo, maestro sepakan bebas.