Meski Dirayu Messi, Guardiola Tak akan Pernah Latih Barcelona Lagi

Kabar Olahraga – Pep Guardiola mengatakan bahwa dia tidak akan pernah melatih Barcelona lagi, meski dikabarkan Lionel Messi telah memintanya secara khusus untuk kembali ke Camp Nou.

Kekalahan 4-0 Barcelona dari Paris Saint-Germain di babak 16 besar telah memunculkan gosip bahwa Messi yang kecewa berat kemudian melakukan kontak telepon dengan Guardiola dan merayunya untuk kembali bereuni di Barcelona. Potensi kegagalan di Liga Champions dan sulitnya mengambil alih puncak klasemen La Liga dari Real Madrid, Barcelona besar kemungkinan pisah jalan dengan Luis Enrique yang habis kontrak pada akhir musim.

“Tidak, saya tidak akan pernah kembali ke Barcelona menjadi pelatih di sana. Periode saya di sana sudah berakhir,” tegas Guardiola.

Tentu saja Guardiola ikut terkejut dengan hasil yang didapat Blaugrana di Parc des Princes. Apalagi mendapati fakta bahwa belum ada satu tim pun yang bisa bangkit setelah tertinggal empat gol di leg pertama di Liga Champions, tapi Guardiola bilang jika ada tim yang mampu melakukannya maka tim itu adalah Barcelona.

“Barcelona tetap tim terbaik di dunia, (kekalahan) itu selalu mengejutka karena mereka sangat, sangat bagus, tetapi di sepak bola semua bisa terjadi,” jelasnya.

“Ada banyak kompetisi, lawan begitu kuat. Anda bisa menang besar atau kalah telak, itu bisa terjadi, terjadi juga pada saya, tapi masih ada 90 menit lagi dan segalanya bisa terjadi. Jika ada tim yang bisa melakukan (membalikkan skor), maka itu Barca, dengan mentalitas mereka,” papar eks pelatih Bayern Munich.

Barcelona menuai sukses besar di era Pep, dengan meraih 14 trofi dalam kurun waktu empat tahun, termasuk treble (Liga Champions, La Liga dan Copa del Rey) pada 2009.