Misi Mulia Messi di Mesir

Kabar Olahraga – Megabintang Barcelona, Lionel Messi, melakukan misi mulia ke Mesir pada Selasa (21/2) lalu. Dia datang sebagai duta Tour n’ Cure untuk membantu mempromosikan Mesir sebagai tujuan wisata medis bagi para pasien Hepatitis C.

Setelah sepuluh tahun, Messi akhirnya kembali mengunjungi Mesir, mengunjungi Piramida. Namun kali ini bukan dalam rangka sebagai bagian tim Barcelona yang mengunjungi Kairo, dia datang sebagai pribadi yang membantu kampanye kesehatan.

Sedianya Messi dijadwalkan mengunjungi Mesir pada Desember, namun batal karena adanya bom bunuh diri yang menewaskan 29 orang di sebuah gereja di Kairo. Kunjungan La Pulgasempat kembali tertunda karena kekalahan telak Barcelona dari PSG di ajang Liga Champions, tengah pekan lalu.

Hepatitis C, penyakit yang disebabkan oleh virus lewat darah, menjadi pembunuh no.1 di Mesir. Messi peduli dan memberikan himbauan untuk para penderita penyakit tersebut segera melakukan pengobatan.

“Pengobatan pada Hepatitis C bisa menyelamatkan banyak jiwa, mari jangan tunggu lagi.” tulis Messi pada Facebook page resminya.

Program tersebut menawarkan perawatan pada para pasien Hepatitis C dari seluruh dunia dengan ‘tanpa antrian dan biaya yang lebih terjangkau’. Promosi lainnya adalah ‘kesempatan untuk menikmati keindahan Mesir dan mengunjungi tempat-tempat bersejarah selama hari-hari perawatan, juga sembari menikmati istirahat yang menyenangkan di hotel berbintang lima’.

Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh perusahaan yang mempromosikan kampanye tersebut, perawatan Hepatitis C di Eropa menghabiskan biaya sekitar 100 ribu Euro (sekitar 1,4 milyar rupiah) sedangkan di Mesir tidak lebih dari 4.900 euro (sekitar 69 juta rupiah).