Conte Beberkan Rahasia Bikin Tim Juara

Kabar Olahraga – Pelatih Chelsea, Antonio Conte, membeberkan rahasia bagaimana dia membangun sebuah tim yang meraih banyak gelar juara.

Conte datang ke Chelsea dengan reputasi mentereng. Membawa Siena juara Serie B Italia, lantas Juventus diantarnya tiga kali beruntun juara Serie A, ditambah dua trofi Supercoppa Italia.

Sentuhan juara sepertinya akan berlanjut di Chelsea. Hingga pekan ke-25, The Blues dibawanya memuncaki klasemen sementara Premier League dengan meraup 60 poin, unggul delapan poin dari peringkat di bawahnya.

Conte juga berpeluang meraih double-winner musim ini, dengan masih berpartisipasi di ajang Piala FA. Chelsea akan menghadapi Manchester United di perempatfinal Piala FA, pada 14 Maret.

Hebatnya, Conte melakukan ini dengan tim yang sebagian warisan Jose Mourinho yang musim lalu finis di peringkat 10 klasemen akhir. Pria kelahiran Lecce ini menambahkan N’Golo Kante, David Luiz, Michy Batshuayi, dan Marcos Alonso

Pria 47 tahun itu pun tak segan berbagi cerita tentang bumbu-bumbu penting yang harus ada dalam meramu sebuah tim yang sukses, seperti yang dilakukannya saat bersama Juventus.

“Menurut saya, untuk menang itu tidak hanya satu pertandingan, tapi untuk menang … bukan satu (pertarungan) tapi keseluruhan perang, jadi penting untuk menciptakan semangat yang bagus. Untuk membentuk tim dan mencoba untuk mengeksploitasi setiap pemain, bakat setiap pemain dengan cara yang terbaik,” ujarnya pada Chelsea Pitch Owners.

“Dan untuk alasan ini menemukan solusi yang tepat, sistem yang tepat, menciptakan semangat kekeluargaan, semangat yang bagus. Dan ketika (muncul) momen-momen negatif penting untuk punya keluarga. Jika Anda punya keluarga, anda bisa menyelesaikan masalah dan kemudian maju,” imbuhnya.

“Saya pikir ini sangat penting untuk menjuarai liga: membentuk tim, ciptakan semangat yang bagus pada tim, dan pastinya punya para pemain bagus,” tegas eks allenatore Timnas Italia.

Tapi tak hanya tim yang menurutnya bermain untuk mendapatkan gelar juara, tetapi para suporter juga meminkan perannya dalam kesuksesan sebuah tim.

“Mereka (suporter Chelsea) luar biasa! Saya ingat pertandingan pertama saya melawan West Ham, mereka menyiapkan bendera dengan tiga warna, bendera Italia, Tricolore,” serunya.