Raih Samba Gold Award, Coutinho Mengaku Sangat Senang

Kabar Olahraga – Bintang Liverpool, Philippe Coutinho mengaku sangat senang dapat meraih Samba Gold Award. Coutinho juga bangga dapat bergabung dengan para pemain-pemain legenda Brasil yang dapat meraih penghargaan tersebut.

Diumumkan pada Desember tahun lalu, Coutinho mengikuti jejak pemain-pemain seperti Kaka, Thiago Silva dan Neymar yang dapat meraih pengahargaan itu, untuk edisi tahun 2016 setelah mendapatkan 32,13 persen suara dalam jajak pendapat yang terdiri dari gabungan wartawan, para pemain aktif, mantan pemain profesional dan suporter.

Samba Gold adalah penghargaan kepada pemain Brasil terbaik yang bermain di kompetisi Eropa dan dipersembahkan oleh perusahaan Sambafoot. Dan pada Rabu (22/02) lalu, Coutinho resmi memegang trofi tersebut ketika diserahkan oleh Sambafoot di Melwood. Selama periode 2016, Coutinho mampu membuat 18 gol untuk klub dan Timnas Brasil.

Berbicara kepada situs resmi klub, penyandang no.10 Liverpool itu menceritakan kegembiraannya dapat menjadi pemenang keenam penghargaan tersebut, sejak diperkenalkan pada 2008 lalu.

“(Penghargaan) ini sangat berarti. Saya sangat senang mengetahui bahwa (pencapaian) tahun lalu saya diakui oleh banyak orang. 2016 merupakan tahun yang penting bagi saya dan saya sangat senang bisa memenangkan penghargaan ini,” kata pria berusia 24 tahun.

Coutinho juga mencerminkan periode 2016 dari sudut pandang kolektif, karena eks pemain Internazionale Milan itu merasa tahun itu, secara keseluruhan, juga sangat positif untuk Liverpool.

“Ini merupakan tahun yang baik. Sebagai sebuah tim, kami bermain sangat baik dan kami berhasil mendapatkan dua final,” tambahnya.

“Sayangnya, kami tidak memenangkan final, karena kami kalah. Itu adalah periode yang sangat sulit bagi kami untuk menerima kekalahan (dari Sevilla) tapi ini pasti membuat tim menjadi lebih kuat.”

“Kami memulai musim yang sangat baik, pada level tertinggi. Kami semua bermain sangat baik, jadi, 2016 merupakan tahun yang baik. Namun, pada akhirnya saya mendapatkan cedera, saya melewatkan beberapa pertandingan di akhir tahun, tetapi itu adalah tahun yang positif.”

Daftar Peraih Penghargaan Samba Gold

2008 Kaka (AC Milan)
2009 Luis Fabiano (Sevilla)
2010 Maicon (Inter Milan)
2011 Thiago Silva (AC Milan)
2012 Thiago Silva (Paris Saint-Germain)
2013 Thiago Silva (Paris Saint-Germain)
2014 Neymar (Barcelona)
2015 Neymar (Barcelona)
2016 Philippe Coutinho (Liverpool)