Klopp: Liverpool Bakal Terus Tertinggal Jika Tetap di Melwood

Kabar Olahraga – Jurgen Klopp menjelaskan alasan di balik pindahnya tempat latihan Liverpool dari Melwood ke Kirkby.

Pengumuman bakal pindahnya tempat latihan Liverpool dilakukan pada awal pekan ini. Kepindahan ini merupakan bagian dari sebuah proyek pengembangan Akademi Kirkby yang disebut bernilai 50 juta poundsterling.

Klopp ikut berbicara tentang pindah tempat latihan tersebut di konferensi pers jelang laga melawan Leicester City. Pria Jerman itu berdalih bahwa The Reds tidak akan bisa mengatasi para pesaing mereka jika tidak memiliki tempat latihan baru.

“Saya sangat percaya bahwa infrastruktur sangat membantu. Jika kami tetap di Melwood untuk 25 tahun ke depan maka itu tidak bagus untuk klub,” jelas Klopp.

“(Masalah) ini akan menjadi lebih besar. Kami tidak bisa menghindari hal ini. Kami tidak bisa tinggal di mana kami sekarang berada dan mengatasi tim lain,” lanjut Klopp.

“Sesekali Anda harus menetapkan standar-standar dan itu benar-benar bagus, kami memiliki kesempatan untuk membuat langkah besar di masa depan. 25 tahun yang lalu Melwood menetapkan level.”

Menurut Klopp, Melwood sudah kehabisan lahan untuk pengembangan. Selain itu, dia punya rencana menggabungkan latihan tim utama dengan para pemain Akademi.

“Jika kami ingin punya satu kantor lagi, kami tidak punya tempat lagi. Itulah situasi saat ini di Melwood,” jelasnya lagi.

“Satu poin lagi adalah menjadikan tim akademi dan tim utama (berlatih) bersama-sama, dan poin lainnya adalah mengembangkan beberapa hal lain yang tidak bisa kami lakukan di sini,” demikian Klopp mengakhiri.

Rencananya, Kirkby akan dikembangkan hingga 60 acre dari yang sekarang. Liverpool berlatih di Melwood sejak 1950-an dan telah menjadi tempat yang luar biasa bagi para legenda seperti Bill Shankly, Bob Paisley, dan Kenny Dalglish.