Ini Konsekuensinya Jika Lee Chong Wei Hengkang dari Federasi Bulu Tangkis Malaysia

Lee Chong Wei, Hengkang, Federasi Bulu Tangkis Malaysia, BAM

Kabar Olahraga – Pasca riuh rendah drama perseteruan antara pebulutangkis nomor satu dunia, Lee Chong Wei, dengan Direktur Teknik Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM), Morten Frost, kini muncul spekulasi sang bintang bakal hengkang dan memilih berkarier secara profesional.

Chong Wei dan Frost sebelumnya memang telah lama berseteru dan puncaknya terjadi saat peraih medali perak Olimpiade Rio 2016 itu disarankan mundur oleh Frost setelah mengalami cedera ligamen lutut saat menjajal pusat latihan baru.

Imbasnya, Rabu (15/2) lalu, Chong Wei mengancam akan keluar dari BAM karena telah kehilangan kesabarannya.

“Bukannya bertanya tentang kondisi saya, dia (Frost-red) malah meminta pelatih saya (Hendrawan) untuk menanyakan apakah saya bersedia pensiun…mengapa?” tanya Chong Wei.

“Hendrawan terus meminta saya untuk bersabar dan saya menghormatinya. Kini, saya telah kehilangan kesabaran…jika tidak ada solusi, saya akan keluar dari BAM.”

Namun, menurut Dr Wirdati Mohd Radzi dari University Malaya Sport Centre, seorang atlet yang memutuskan keluar dari BAM tidak akan diizinkan mengikuti kompetisi yang melibatkan federasi tersebut atau Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF).

“Meskipun Chong Wei memutuskan untuk berkarier secara profesional, ia tidak dapat bertandingan di turnamen-turnamen ini,” papar Dr Wirdati.

“Jika ada sirkuit profesional yang tidak memiliki hubungan dengan BWF atau federasi nasional, maka ia masih bisa bermain. Sementara, untuk mewakili Malaysia, Anda harus mendapatkan dukungan dari BAM, namun ia tidak akan bisa (jika keluar).”

Seorang sumber dari BAM mengungkapkan bahwa pihak federasi masih belum selesai membahas masa depan bekas rival Taufik Hidayat tersebut.

“Jika hengkang dari BAM, ia akan berlatih dengan biaya sendiri. Mungkin dengan dukungan sponsor pribadinya, dan berpartisipasi di semua turnamen yang dapat ia ikuti. Namun, ia harus mendaftar melalui BAM, kata sang sumber kepada Channel NewsAsia.