Enrique Putuskan Mundur dari Barcelona, Ini Para Kandidat Kuat Penggantinya

Ronald Koeman dan Mauricio Pochettino

Kabar Olahraga – Luis Enrique sudah memutuskan mundur sebagai pelatih Barcelona di akhir musim, kandidat penggantinya pun mulai bermunculan. Siapa saja?

Pengumuman Enrique akan meninggalkan posisinya saat kontraknya habis itu tak lama dilakukan setelah Barcelona menang besar 6-1 atas Sporting Gijon pada Kamis (2/3) dinihari WIB. Enrique beralasan bahwa dia butuh waktu untuk menjauh dari kehidupan sepak bola.

Tekanan pada pria 46 tahun itu meningkat sejak kekalahan telak 4-0 Blaugrana dari Paris Saint-Germain di babak 16 besar Liga Champions. Kekalahan yang membuat mereka dalam posisi kritis.

Pembicaraan kini beralih kepada siapa yang akan menjadi pengganti Enrique. Pihak klub dikabarkan telah menyusun daftar kandidat pelatih pengganti.

Barcelona disebut akan memilih sosok pengganti yang sudah punya ikatan dengan klub dan kota Barcelona. Jika demikian maka nama-nama seperti Ronald Koeman (eks pemain Barcelona), Mauricio Pochettino (eks pemain dan pelatih Espanyol), Laurent Blanc (eks pemain Barcelona), Ernesto Valverde (eks pemain Barcelona dan Espanyol) masuk dalam daftar.

Koeman merupakan pemain penting di era ‘Dream Team’ asuhan Johan Cruyff, meraih banyak gelar selama kariernya di Katalan. Dia juga penganut Total Football, gaya sepak bola indah yang menjadi cikal bakal Tiki Taka.

Nama Pochettino masuk pertimbangan selain karena kemampuannya mengangkat Tottenham Hotspur menjadi kekuatan hebat di Premier League, dia juga telah sepuluh tahun lebih di kota Barcelona. Pria Argentina itu menjadi pemain dan pelatih untuk klub rival sekota Barcelona, Espanyol. Dia juga disebut masih memiliki rumah di Barcelona.

“Klub sudah punya daftarnya, mereka juga sudah berbicara dengan seseorang. Barcelona fokus pada pelatih yang masih aktif dan yang sudah habis kontraknya,” kata Guillem Balague, pakar sepak bola Spanyol.

“Beberapa dari mereka, saya yakin, telah menerima panggilan. Termasuk Ernesto Valverde dan Laurent Blanc. Saya tahu Pochettino punya banyak fans di Barcelona,” jelasnya.

Nama Jorge Sampaoli menjadi favorit utama, terutama oleh rumah-rumah judi. Sampaoli juga tidak membantah bahwa dia tertarik untuk menukangi Barcelona. Namun, Balague justru menyebut eks pelatih Timnas Chili itu tidak masuk daftar karena tidak memenuhi syarat yang disebutkan klub.

“Jorge Sampaoli semakin hari semakin difavoritkan tapi setiap saya tanya ke pihak klub, mereka menjawab bahwa dia (Sampaoli) bukan orangnya karena mereka ingin sosok yang mengerti klub, baik karena pernah menjadi pemain di sini atau dekat dengan klub. Ada menyebut Ronald Koeman tentu saja, Eusebio Sacristan baru memperpanjang kontraknya di Real Sociedad,” imbuhnya.

“Kandidat terkuat antara Laurent Blanc atau Ernesto Valverde,” pungkasnya.