Resmi, Xabi Alonso Umumkan Pensiun Akhir Musim

Xabi Alonso

Kabar Olahraga – Mantan gelandang Liverpool, Xabi Alonso, mengumumkan bahwa dia akan pensiun dari sepak bola profesional pada akhir musim.

Pemain yang sekarang membela Bayern Munich ini lewat media sosial Twitter membenarkan rumor yang telah banyak beredar dalam dua bulan terakhir ini, bahwa dia akan gantung sepatu.

Dengan latar belakang gambar dia melambaikan tangan, pemain 35 tahun itu menuliskan: “Lived it. Loved it. Farewell beautiful game.”

Ini akan mengakhiri 18 tahun karier sepak bolanya yang gemilang. Alonso telah meraih banyak trofi besar bersama klub-klub seperti Liverpool, Real Madrid, dan Bayern Munich. Juga memenangi Piala Dunia 2010 dan dua Piala Eropa (2008 dan 2012) bersama Tim Nasional Spanyol.

“Ini bukan keputusan yang mudah untuk dibuat, tapi saya yakin ini waktu yang tepat,” ujar Alonso kepada Bayern TV.

“Saya selalu berpikir akan lebih baik mundur lebih cepat daripada nanti. Saya merasa masih bagus, tapi percaya ini saat yang tepat,” tegasnya.

Alonso memulai karier di Real Sociedad, lalu bergabung dengan Liverpool pada 2004. Pada musim pertamanya di Anfield, dia ikut mengantarkan Si Merah itu meraih Liga Champions melalui final dramatis melawan AC Milan di Istanbul. Gelar lain bersama Liverpool adalah Piala Super UEFA, Piala FA dan Community Shield.

Langkah selanjutnya dalam kariernya adalah bergabung dengan Real Madrid pada 2009, yang juga berbuah gelar Liga Champions pada 2014. Sukses lainnya bersama Los Blancos adalah juara La Liga (2011-12), dua Copa del Rey, dan Supercopa.

Pada 2014, Pria kelahiran Tolosa itu hijrah ke Bayern Munich, yang sejauh ini telah dibantunya meraih dua gelar Bundesliga, satu DFB Pokal dan satu DFL Supercup.

Pengumuman pensiun Alonso ini mendapat respon dari klub-klub yang pernah dibelanya dan rekan-rekan yang pernah bermain bersamanya.