Coutinho dan Firmino Menangkan Liverpool di Kandang Stoke

Firmino Coutinho

Kabar Olahraga – Philippe Coutinho dan Roberto Firmino membawa Liverpool bangkit dan menang 2-1 atas Stoke City di Stadion bet365, pada Sabtu (8/4) malam WIB.

Baik Coutinho dan Firmino masuk pada awal babak kedua, setelah pada babak pertama Liverpool kebobolan oleh gol Jonathan Walters pada menit 44. Coutinho melepaskan tendangan mendatar yang menembus gawang Lee Grant pada menit 70. Selang dua menit kemudian, menerima umpan Wijnaldum, Firmino mengirimkan tendangan voli yang melengkung tanpa bisa dihalau Grant.

Berkat kemenangan ini, Liverpool terus memelihara harapan lolos ke Liga Champions musim depan dengan berada di peringkat tiga dengan koleksi 63 poin dari 32 pertandingan. The Reds unggul 2 poin dengan Manchester City yang pada saat yang sama menang 3-1 atas tamunya, Hull City. Namun tim asuhan Pep Guardiola masih punya satu pertandingan yang belum dimainkan.

Jalannya pertandingan

Babak pertama berjalan dengan tempo lambat, dengan tuan rumah lebih berinisiatif menyerang dan unggul dalam penguasaan bola. Beberapa peluang didapat oleh Stoke, termasuk gol Xherdan Shaqiri yang dianulir karena offside.

Petaka datang satu menit jelang babak pertama berakhir. Serangan balik setelah klaim penalti Ben Woodburn tidak dikabulkan wasit, Shaqiri mengirimkan bola lambung yang disundul dengan leluasa oleh Walters yang tanpa kawalan.

Di awal babak kedua, Jurgen Klopp lantas membuat dua pergantian sekaligus. Woodburn dan Trent Alexander-Arnold memberi jalan kepada Coutinho dan Firmino untuk tampil.

Dampak keduanya sangat instan. Setelah penyelamatan gemilang Simon Mignolet memblok sepakan keras Charlie Adam, Liverpool berangsur-angsur menguasai jalannya laga dan menciptakan berbagai peluang emas.

Usaha Divock Origi berkelit dari Glen Johnson membuatnya mendapat ruang tembak, namun sepakannya masih melenceng. Disusul tendangan Firmino ditepis Grant, yang berbuah sepak pojok. Dari sepak pojok, sundulan Dejan Lovren membentur mistar gawang.

Gol akhirnya lahir pada menit 70. Coutinho mengirimkan bola rendah dari dalam kotak penalti, jauh dari jangkauan Grant. Dua menit berselang, gol indah dilesakkan Firmino.

Kedudukan 2-1 itu terus bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Stoke: Grant, Johnson, Shawcross, Martins Indi, Pieters, Shaqiri, Allen (Adam 28 (Sobhi 80), Cameron, Arnautovic, Walters (Whelan 67), Berahino

Liverpool: Mignolet, Clyne, Klavan, Matip, Lovren, Milner, Can, Wijnaldum, Alexander-Arnold (Firmino), Woodburn (Coutinho) Origi (Sturridge).

Cadangan: Karius, Moreno, Grujic, Sturridge, Firmino, Lucas, Coutinho.