Pimpin Sejak Start, Hamilton Juarai Grand Prix China 2017

Kabar Olahraga – Pebalap Mercedes Lewis Hamilton sukses mendominasi jalannya balapan Grand Prix China sekaligus meraih kemenangan ke-54 selama kariernya di Sirkuit Shanghai pada Minggu (9/4) siang WIB.

Ini juga menjadi kemenangan kelima Hamilton di Shanghai. Menyusul di belakang Hamilton adalah Sebastian Vettel dan Max Verstappen di urutan ketiga. Hebatnya, Verstappen melakukannya setelah melakukan start di urutan 16. Ini membuat pebalap tim Red Bull itu menjadi F1 Driver of The Day.

Kemenangan pebalap Inggris di Grand Prix China ini membuatnya menyamai perolehan poin Vettel di klasemen para pebalap setelah pada seri sebelumnya, Vettel yang menjadi juara di Grand Prix Australia. Keduanya sama-sama mengoleksi 43 poin.

Memulai balapan di Shanghai sebagai pole sitter, Hamilton membuat start yang sempurna. Sepanjang balapan, Hamilton berhasil mempertahankan keunggulan atas para pesaingnya.

Pebalap tim Williams asal Kanada, Lance Stroll menjadi pebalap pertama yang terlempar ke gravel akibat crash dengan pebalap Force India, Sergio Perez. Virtual safety car diberlakukan.

Insiden lainnya melibatkan Antonio Giovinazzi. Pebalap Italia itu gagal mengendalikan mobil Sauber-nya dan menabrak pit wall. Kali ini, safety car sungguhan yang turun ke sirkuit.

Vettel yang sempat turun hingga peringkat enam sukses menyalip Kimi Raikkonen pada lap 20, yang dilanjutkan dengan gemilang menyalip Daniel Ricciardo.

Verstappen yang kehilangan grip pada ban-bannya membuat kesalahan jelang tikungan dan membuat Vettel mudah untuk menyalipnya dan mengambil alih posisi kedua. Namun jarak Vettel dengan Hamilton sudah hampir 12 detik.

Upaya Vettel mengejar Hamilton memangkas jarak menjadi enam detik saat melintas garis finish. Balapan berikutnya akan digelar di Bahrain pada 14-16 April 2017 nanti.

Hasil Lengkap Formula 1 Grand Prix China 2017:

Hasil GP China 2017