5 Momen Penting dari Grand Prix Argentina

MotoGP Argentina 2017

Kabar Olahraga – Perhelatan MotoGP seri kedua Grand Prix Argentina pada Minggu (9/4) dinihari berakhir dengan pesta kemenangan Maverick Vinales. Tapi apa saja momen penting yang terjadi di Sirkuit Termas de Rio Hondo?

1. Terjatuhnya Jorge Lorenzo, Marc Marquez, dan Dani Pedrosa

Balapan di Argentina banyak menghasilkan drama dengan banyaknya pebalap yang jatuh (crash). Ada tujuh pebalap yang gagal finis, terutama karena jatuh. Tapi yang paling menonjol adalah sosok-sosok seperti Lorenzo, Marquez dan Pedrosa.

Yang pertama adalah Lorenzo. Belum jauh dari garis start, Lorenzo yang saat itu berada di posisi 16 menghantam bagian belakang motor Andrea Iannone. Hasilnya, Lorenzo terlempar dan hampir tertabrak oleh Loris Baz yang sedang melaju. Hasil yang mengenaskan bagi Lorenzo setelah di GP Qatar hanya finis di peringkat 11.

Nasib sial juga menghampiri Marquez, yang jatuh di saat sedang memimpin dengan jarak yang lumayan jauh dengan pesaing terdekatnya, Cal Crutchlow. Marquez gagal mengendalikan motornya yang menikung di lap keempat. Crash yang diakuinya sebagai kesalahannya sendiri.

Sayangnya, kesialan serupa juga dilakukan oleh Pedrosa di tikungan yang sama. Hal ini membuat Honda disebut memiliki masalah dengan ban depan.

2. Vinales yang sempurna

Pebalap berusia 22 tahun ini menyapu bersih dua balapan seri pembuka dengan dua kemenangan. Hasilnya, puncak klasemen pebalap menjadi miliknya dengan koleksi 50 poin.

Menjadi istimewa karena dia merupakan pebalap baru Yamaha. Dan caranya dia membalap sekan dia sudah pernah jadi juara dunia MotoGP, dengan tenang dan sabar melahap lap demi lap di Sirkuit Termas de Rio Hondo.

Vinales juga menjadi pebalap kedua Yamaha yang sukses memenangi dua balapan pembuka kelas premier. Sebelumnya ada Wayne Rainey (AS) melakukannya pada musim balap 1990.

3. Rossi kembali hebat di hari balapan

Related image

Setelah selalu berjuang di sesi latihan bebas dan kualifikasi, Rossi selalu sukses meraih podium baik di Qatar dan Argentina. Hal yang membingungkan, karena Vinales justru dominan baik sebelum maupun saat balapan.

Baik balapan di Qatar dan Argentina, Rossi akhirnya menemukan settingan yang pas pada motornya pada saat warming up. Pebalap Italia itu juga merasa secara fisik dia juga sudah lebih baik sehingga membantunya meraih hasil bagus saat balapan.

4. Momen menyentuh Aleix Espargaro dan Andrea Dovizioso

Image result

Selain crash pada Lorenzo, Marquez dan Pedrosa. Ada satu crash yang melibatkan pebalap Aprilia Gresini Aleix Espargaro dengan pebalap Ducati Andrea Dovizioso. Espargaro yang terjatuh ikut menyapu motor Dovizioso ke area gravel.

Pebalap Spanyol itu pun lantas mendekati Dovizioso, menolongnya dan berbicara sambil sedikit memberi pelukan. Usai balapan, Espargaro meminta maaf kepada Dovizioso dan tim Ducati via Instagram.

5. KTM raih poin perdana

Image result for KTM GP argentina

 

Akhirnya, KTM meraih poin pertamanya di balapan ketiga mereka di MotoGP (termasuk wild-card di GP Valencia). Pol Espargaro dan Bradley Smith finis di urutan 14 dan 15 untuk menghasil tiga poin.

Dari dua balapan awal 2017 ini, pabrikan asal Austria ini juga mendapatkan temuan penting dari kemampuan motor RC16 mereka. Mereka gagal tampil cepat di lintasan lurus untuk bisa menyalip pebalap-pebalap lain.