Tai Tzu-Ying, Si Rendah Hati Kebanggaan Taiwan

Tai Tzu Ying

Kabar Olahraga – Pebulutangkis no. 1 Dunia Tai Tzu-ying menerima banyak perhatian media atas keberhasilannya menjuarai Singapore Open, yang sekaligus gelar kelima beruntun Super Series. Tetapi dengan segala prestasi yang diraihnya dia tetap rendah hati.

Pemain berjuluk ‘Little Tai’ itu mengalahkan Carolina Marin di final Singapore Open untuk menjadi pebulutangkis wanita pertama yang meraih lima gelar Super Series secara beruntun.

Rentetan gelar itu dimulai dengan menjuarai Hong Kong Open pada November 2016, dia lantas menjuarai Dubai Super Series Final pada Desember. Kesuksesan berlanjut dengan menjadi orang Taiwan pertama yang meraih gelar juara All England, dan pada awal April 2017 dia merebut gelar Malaysia Open dengan mengalahkan Marin.

Tai pun semakin mengokohkan posisinya sebagai pebulutangkis putri no. 1 Dunia pada usianya yang masih 22 tahun. Menanggapi kemenangannya dan rekor beruntunnya, Tai seperti biasa tetap rendah hati.

“Saya tahu tidak mampu mengalahkan Marin dengan mudah, jadi saya harus sangat sabar melawannya. Saya merasa tampil sangat baik,” ucapnya.

“Saya pikir semua orang di sekitar saya lebih memerhatikan tentang lima gelar. Tapi buat saya, saya ingin tampil baik di setiap turnamen,” lanjutnya.

Tai memang dikenal rendah hati bahkan cenderung gadis yang pemalu. Hal itu juga diungkapkan oleh ibunya.

“Dia jarang pergi ke pesta pernikahan karena dia khawatir jika banyak orang akan berfoto dengannya,” kata ibunya, Hu Jung.

Singapura menjadi tempat berkesan bagi Tai. Ketika masih berusia 16 tahun, Tai mengecap final Superseries pertamanya di Singapore Open 2010, yang merupakan Superseries ketiganya sejak dia memulai karier di bulutangkis.

Pada umur 18 tahun dia memenangkan gelar Superseries pertamanya di Japan Open. Gelar yang membuat ranking dunianya melesat bagai meteor.

Oleh media di negaranya, anak dari pemadam kebakaran itu dijuluki sebagai ‘ratu badminton’ meski dia hanya ingin dikenal sebagai ‘Little Tai’ seperti yang disematkan oleh orang-orag terdekatnya.