Terens Puhiri, Pemain Tercepat di Dunia Milik Borneo FC

Terens Puhiri

Sebelumnya tidak banyak yang mendengar nama Terens Puhiri, sampai akhirnya aksinya saat mencetak gol ke gawang Mitra Kukar pada Senin (23/10) sore, membuat namanya menjadi buah bibir dunia.

Pemain sayap Borneo FC itu lantas disebut sebagai pemain tercepat dunia oleh berbagai media terkemuka mancanegara seperti The Guardian dan Daily Mail (Inggris), Marca dan AS (Spanyol), Globo Esporte (Brasil). Bahkan Globo Esporte menyatakan bahwa gol Terens Puhiri itu pantas mendapat nominasi Puskas Award, penghargaan resmi FIFA untuk gol terbaik dunia tahunan.

Terens Puhiri berlari cepat dari daerah pertahanan Borneo untuk memenangkan perebutan bola dengan bek Saepulloh Maulana di tengah lapangan, lantas melewati kiper Gerri Mandagi, dan menendang bola ke gawang yang sudah kosong. Dari tayangan video, menurut hitungan digg.com dari sejak Terens berlari hingga melepaskan tendangan terakhir berkisar sekitar 8,6 detik.

Terlepas dari akurat tidaknya hitungan tersebut, media-media internasional berani mengklaim bahwa kecepatan Terens melebihi kecepatan winger Manchester City Leroy Sane, yang bulan lalu dinobatkan sebagai pemain tercepat di Premier League Inggris yang mencatatkan rekor 35.48 km/jam pada pertandingan melawan Chelsea di Stamford Bridge.