Press "Enter" to skip to content

Wajib Dicoba !!! 7 Olahraga Terbaik Untuk Memperkuat Jantung Anda yang Dapat Dilakukan Kapan Saja

0

Kabarolahrga.com-Wajib Dicoba !!! 7 Olahraga Terbaik Untuk Memperkuat Jantung Anda yang Dapat Dilakukan Kapan Saja, menjaga kondisi jantung agar tetap dalam kondisi terbaik hukumnya adalah wajib. Karena sebagai salah satu organ vital dalam tubuh, jantung sangat memiliki tugas yang cukup berat, yaitu memompa darah ke seluruh tubuh tanpa henti.

Jantung memiliki ukuran yang hanya lebih besar sedikit dari kepalan tangan pemiliknya, tetapi terdiri atas beberapa bagian yang masing-masing memiliki peran penting. Jantung adalah sebuah rongga organ berotot yang mampu memompa darah melewati pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang-ulang.

Tugas utama jantung adalah memompa dan menyuplai darah ke seluruh tubuh. Ketika jantung berdenyut, ruang jantung mengendur dan terisi oleh darah (disebut diastol). Kemudian jantung berkontraksi dan memompa darah keluar dari ruang jantung (disebut sistol). Kedua serambi dan bilik mengendur serta berkontraksi secara bersamaan.

Darah kotor dari tubuh mengalir melalui dua vena besar menuju ke dalam atrium kanan. Atrium kanan mendorong darah ke dalam ventrikel kanan melalui katup trikuspidalis. Darah dari ventrikel kanan dipompa melalui katup pulmoner ke dalam arteri pulmonalis ke paru-paru. Olahraga terbaik untuk memperkuat jantung Anda yaitu

1. Peregangan

Olahraga terbaik untuk memperkuat jantung Anda yang pertama. Olahraga yang satu ini berguna untuk meregangkan otot-otot secara perlahan. Dengan meregangkan lengan dan kaki sebelum berolahraga bisa membantu mempersiapkan otot-otot untuk beraktivitas dan membantu mencegah cedera dan ketegangan otot, dan meningkatkan jangkauan gerak jika dilakukan setelah berolahraga. faktor penting dalam kebugaran, meningkatkan postur tubuh Anda, mengurangi stres dan sakit tubuh.

2. Lari

Olahraga terbaik untuk memperkuat jantung Anda yang kedua yaitu Lari, Olahraga ini merupakan olahraga termudah dan termurah yang bisa dilakukan siapa saja. Namun setiap orang memiliki intensitas yang berbeda saat berolahraga lari. Ada yang rendah, sedang dan tinggi. Hal ini disesuaikan dengan kemampuan tubuhmu, ya.

Rajin melakukan olahraga lari, secara signifikan akan memberikan dampak baik kesehatan seperti meningkatnya kolesterol baik, mengurangi risiko arteriosklerosis, mengurangi produksi hormon stres adrenalin dan kortisol, meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan risiko trombosis, dan meningkatkan volume darah di tubuh kesemuanya itu berkaitan dengan kesehatan jantung.

3. Bersepeda

Olahraga terbaik untuk memperkuat jantung Anda yang ketiga yaitu bersepeda
Foto : cosmopolitan.co.id

Olahraga terbaik untuk memperkuat jantung Anda yang ketiga yaitu bersepeda. Supaya badan sehat dan bugar, tentu Anda harus aktif secara fisik. Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu melindungi diri dari penyakit serius seperti obesitas, jantung, kanker, penyakit mental, diabetes, dan radang sendi.

Mengendarai sepeda secara teratur adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi risiko masalah kesehatan yang terkait dengan kebiasaan tubuh tidak aktif. Bersepeda secara rutin dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Dengan bersepeda 32 kilometer per minggu mengurangi potensi penyakit jantung hingga 50 persen, meningkatkan detak jantung dan membakar kalori dalam tubuh. Sebagai olahraga yang sehat, mudah, dan murah yang dapat dinikmati oleh semua orang, bersepeda merupakan kegiatan yang menyenangkan dan mengurangi dampak buruk pada lingkungan.

4. Renang

Olahraga terbaik untuk memperkuat jantung Anda yang keempat yaitu Renang. Olahraga renang adalah pilihan yang tepat. Renang dapat membuat paru-paru dan jantung lebih sehat.

Anda bisa menerapkan beberapa gaya renang yang direkomendasikan seperti gaya bebas. Berenang sama seperti latihan aerobik, dapat menguatkan dan memperbesar jantung sehingga membuatnya lebih efisien dalam memompa.

Dengan begitu, aliran darah ke seluruh tubuh menjadi lancar. Berenang 30 menit sehari dapat mengurangi penyakit jantung koroner dan dapat mengurangi tekanan darah.

5. Angkat Beban

Olahraga terbaik untuk memperkuat jantung Anda yang kelima yaitu Angkat beban

Olahraga terbaik untuk memperkuat jantung Anda yang kelima yaitu Angkat beban atau barbel ternyata penting untuk kesehatan jantung. Selain dapat membakar lemak dan membangun massa otot, latihan beban juga baik untuk kesehatan tulang dan jantung.

Namun perlu diperhatikan ketika melakukan latihan angkat beban yakni menyesuaikan tempo gerakan.
Melakukan olahraga ini sekitar 30-40 menit per minggunya dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung, stroke, diabetes, hiperkolesterolemia.

Meski tubuh terkesan tidak aktif secara aerobik dan hanya fokus membangun otot, latihan angkat beban juga turut membakar banyak energi, sehingga bisa mencegah obesitas dan memberikan manfaat jangka panjang bagi kesehatan

6. Zumba 

Olahraga terbaik untuk memperkuat jantung Anda yang keenam yaitu Zumba, Olahrga ini sendiri dipercaya sebagai olahraga jantung, disamping untuk memperkuat jantung zumba juga dapat meratakan perut buncit, karena dalam 1 jam bisa membakar sekitar 1.000 kalori dalam tubuh.

Dengan iringan musik yang bisa membuat semangat untuk bergerak, pastinya gerakan apa pun akan terasa menyenangkan dan mudah diikuti.

7. Yoga

Olahraga terbaik untuk memperkuat jantung Anda yang ketujuh yaitu Yoga

Olahraga terbaik untuk memperkuat jantung Anda yang ketujuh yaitu Yoga, lakukan yoga secara teratur maka dapat membantu meningkatkan Kesehatan Jantung dari memompa darah ke seluruh tubuh untuk memasok jaringan dengan nutrisi penting.

Kesehatan jantung adalah komponen penting dari kesehatan secara keseluruhan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memasukkan yoga ke dalam gaya hidup sehat dapat membantu memperlambat perkembangan penyakit jantung. selain memperkuat jantung yoga juga dapat menurunkan stres,meningkatkan pernafasan, memperbaiki postur tubuh dan juga menurunkan berat badan.

Barusan kita bahas 7 Olahraga Terbaik Untuk Memperkuat Jantung Anda yang Dapat Dilakukan Kapan Saja, Wajib Anda coba!!! Latihan apa pun yang Anda pilih, lakukanlah terus-menerus untuk agar jantung Anda tetap kuat dan kondisi badan anda ideal. Tetap semangat, jika artikel ini bermanfaat silakan share ke teman Anda. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *