Press "Enter" to skip to content

Sejarah dan 8 Teknik Dasar Sepak Bola Lengkap dengan Peraturannya

0

Kabarolahraga.com – Mari kita pelajari teknik dasar sepak bola lengkap dengan sejarah dan peraturannya. Permainan Sepak Bola adalah permaianan olahraga paling populer diseluruh dunia, dan kompetisi yang begitu sangat banyak mulai dari tingkat kabupaten sampai internasional. Jadi sangat tidak heran jika banyak sekali para pecinta sepak bola mengikuti setiap jendela transfer pemain baik nasional maupun dunia, oleh karena itu di artikel kali ini kita akan membahas sepak bola, mulai dari sejarah sampai peraturan yang ada di sepak bola.

Sejarah Sepak Bola

sejarah sepak bola

Permainan ini dimulai di Tiongkok pada masa Dinasti Han. Saat itu, orang-orang Tiongkok membuat permainan dari bola kulit yang harus ditendang masuk ke sebuah jaring kecil. Walaupun tidak seperti sepak bola zaman sekarang, permainan ini juga mulai muncul di sejumlah negara, seperti Jepang, Roma, dan Yunani. Sepak bola modern lalu dikenal masyarakat Inggris hingga terbentuklah asosiasi olahraga tersebut pada tahun 1863.

Sepak bola terus berkembang sampai akhirnya muncul ide pembentukan asosiasi sepak bola dunia pada tahun 1886. Adapun Induk dari Sepakbola Dunia sendiri adalah FIFA (Federation Internationale de Football Association) yang dibentuk pada tanggal 21 Mei 1904 di Paris, Perancis. Sedangkan Induk sepakbola di Indonesia adalah PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia) yang dibentuk pada tanggal 1930 di Solo.

Piala Duini sendiri pertama kali diselenggarakan pada tahun 1930, ketika Presiden FIFA Jules Rimet memutuskan untuk menggelar turnamen sepak bola internasional. Piala Dunia pertama, diselenggarakan di Uruguay pada 1930, diperebutkan sebagai final turnamen yang hanya terdiri dari 13 tim yang diundang oleh organisasi dan Uruguay sebagai tuan rumah yang menjadi juaranya. Sejak saat itu, Piala Dunia FIFA telah mengalami ekspansi secara berturut-turut dan format yang dibuat ulang untuk saat ini 32 tim final turnamen diawali oleh proses kualifikasi dua tahun, yang melibatkan hampir 200 tim dari seluruh dunia.

Teknik Dasar Sepak Bola Lengkap

Teknik Menendang Bola (Kick)

Teknik dasar sepak bola lengkap dengan peraturannya salah satunya teknik menendang bola

Teknik dasar sepak bola lengkap Kita mulai dari teknik menendang, teknik ini bisa dilakukan dengan kaki bagian luar, Menendang dengan kaki bagian dalam, dan Menendang bola dengan punggung kaki. Menendang Bola adalah teknik dasar yang paling penting karena dalam sepak bola karena dengan akurasi tendangan saat mengumpan dan saat shooting/menendang bola untuk menyetak gol.

Teknik Menggiring Bola (Dribbling)  

Teknik dasar sepak bola lengkap dengan peraturannya salah satunya Menggiring Bola
Foto : Search Pengertian

Teknik dasar sepak bola lengkap yang ke dua yaitu Menggiring bola, teknik ini adalah mengontrol gerakan bola di atas lapangan menuju gawang lawan. Saat menggiring, pemain melakukan tendangan ke arah tertentu sambil tetap menguasai bola untuk menciptakan gol.

Teknik Menyundul Bola (Heading)

Teknik dasar sepak bola lengkap dengan peraturannya salah satunya Teknik Menyundul bola
Cristiano Ronaldo (Foto : UEFA)

Teknik dasar sepak bola lengkap yang ke tiga adalah Menyundul Bola, Teknik ini adalah teknik yang dilakukan dengan menggunakan kepala atau dahi ketika bola pada posisi di atas baik dalam mengumpan ke teman, menghalau bola agar tidak masuk kegawang biasanya dilakukan oleh pemain belakang. menyundul juga bisa dilakukan saat mencetak gol ke gawang lawan.

Teknik Mengontrol / Menghentikan Bola (Control)

Teknik dasar sepak bola lengkap dengan peraturannya salah satunya Teknik Mengontrol bola
Foto : Mesut Ozil. AP/Alastair Grant

Teknik dasar sepak bola lengkap yang ke empat yaitu Mengontrol bola, Setelah mempelajari tiga teknik dasar di atas, kamu juga perlu tahu cara menghentikan bola yang dioper padamu. Kamu bisa menghentikan laju bola menggunakan kaki, dada, dan paha. Untuk menghentikan bola dengan kaki, kamu bisa menggunakan kaki bagain luar, dalam, telapak, dan punggung.

a. Menghentikan Bola dengan Kaki

Caranya adalah dengan memfokuskan pandangan pada bola yang mengarah ke kamu, kemudian hentikan dengan bagian-bagian kaki tergantung arah datangnya bola. Setelah bola datang, pastikan kamu menjaganya dari gangguan musuh.

b. Menghentikan Bola dengan Dada

Kemudian, untuk menghentikan dengan dada, lakukan dengan fokuskan pandangan pada bola yang menuju ke arahmu, maju atau mundurkan badan, lebarkan kedua tangan dan dada, lalu tahan bola.

c. Menghentikan Bola dengan Paha

Selanjutnya, cara menghentikan dengan paha, kamu perlu melakukan sama seperti cara menghentikan bola lainnya, namun ketika bola datang, angkat satu kakimu, dan ketika menahan bola dengan paha. Perlu sedikit digerakkan agar bola dapat jatuh sempurna di depanmu.

Teknik Mengoper Bola (Passing)

Teknik dasar sepak bola lengkap dengan peraturannya salah satunya Teknik Mengoper bola atau passing
Foto : Skv

Teknik dasar sepak bola lengkap yang ke lima yaitu Mengoper bola, Teknik ini adalah memberikan umpan bola kepada rekan satu timnya. Mengoper dapat dilakukan dengan cara menendang dan menyundul bola sesuai kondisi dilapangan saat permainan, mengoper sangatlah penting dalam soal akurasi agar tepat teman kita juga mudah untuk menerimanya.

Teknik Merebut bola (Intercept)

Teknik dasar sepak bola lengkap dengan peraturannya salah satunya Teknik merebut bola
Foto : AFP PHOTO / PATRIK STOLLARZ / AFP / PATRIK STOLLARZ

Teknik dasar sepak bola lengkap ke enam yaitu Merebut bola, Teknik ini adalah teknik dalam merebut bola dari lawan dapat dilakukan dengan cara memotong umpan dari lawan dan menyapu bola atau sliding tackle yaitu mengambil bola dari lawan saat lawan dalam keadaan menggiring bola.

Teknik Lemparan Kedalam (Throw in)

Teknik dasar sepak bola lengkap dengan peraturannya salah satunya Teknik Lemparan kedalam
Foto : Penjasorkes

Teknik dasar sepak bola lengkap ke tuju yaitu Lemparan kedalam, Teknik ini dilakukan dengan kedua kaki berada diluar garis lapangan, melemparkan bola harus menggunakan dua tangan dari belakang dan melewati kepala. Setelah mengetahui tentang teknik dasar dalam sepakbola kita harus juga peraturan di dalam sepak bola.

Teknik Menangkap Bola

Teknik dasar sepak bola lengkap dengan peraturannya salah satunya Teknik Menangkap bola
Foto : PHILIPPE LOPEZ/AFP

Teknik dasar sepak bola lengkap yang terakhit yaitu Teknik menangkap bola, teknik ini khusus diperuntukan bagi kamu yang ingin bermain di posisi kiper alias penjaga gawang. Teknik yang biasa disebut goal keeping ini merupakan teknik penting bagi mereka sebagai pertahanan terakhir tim.

Kamu perlu melatih refleks menangkap bola ke kiri dan kanan, selain itu kamu juga perlu menguasai teknik menendang dengan powe yang kuat. Setelah mengetahui tentang teknik dasar sepak bola kita juga harus tahu peraturan- peraturan yang ada di sepak bola. Barusan kita pelajari Teknik dasar sepak bola lengkap, dan sekarang mari kita pelajari peraturannya.

Peraturan Permainan Sepak Bola

Ukuran Lapangan, Gawang dan Bola

Teknik dasar sepak bola lengkap dengan peraturannya salah satunya ukuran lapangan sepak bola
  • Panjang :> 100–110 meter
  • Lebar :> 64–75 meter
  • Jari-jari lingkaran tengah :> 9,15 meter
  • Daerah penalti :> 40,39×16,5 meter
  • Daerah gawang :> 18,35×5,5 meter
  • Tinggi gawang :> 2,44 meter
  • Lebar gawang :> 7,32 meter
  • Diameter bola :> 21–22,5 cm
  • Keliling lingkaran bola :> 68–71 cm     
  • Berat bola :> 410–450 gram

Ketentuan Pemain Sepak Bola

Teknik dasar sepak bola lengkap dengan peraturannya salah satunya ketentuan pemain sepak bola
Pemain Timnas U-19 (Foto : PSSI)

Setiap tim terdiri dari 11 orang, yaitu 1 kiper dan 10 pemain, sedangkan untuk pemain cadangan berjumlah 5 orang, namun hanya boleh melakukan pergantian pemain sebanyak 3 orang.

Peraturan saat permainan

  • Durasi permainan sepak bola
Teknik dasar sepak bola lengkap dengan peraturannya salah satunya Durasi permainan sepak bola
Foto : Pixabay

Durasi sepakbola di tentukan dalam waktu  90 menit dan dimainkan dalam dua babak. Setiap babak berlangsung selama 45 menit, sedangkan waktu istirahat diberikan sekitar 15 menit. Jika skor seri dalam memasuki sistem gugur, maka diberlakukan perpanjangan waktu 2×15 menit apabila masih seri maka berlanjut ke pinalti sampai menemukan pemenang.

  • Kick Off
Teknik dasar sepak bola lengkap dengan peraturannya salah satunya kick off
Foto : Pixabay

Kick off adalah memulainya pertandingan saat wasit meniupkan peluit di awal pertandingan pada setiap babak atau setelah terjadinya goal.

  • Goal

Goal adalah proses terjadinya bola masuk kedalam gawang, Goal dinyatakan sah ketika bola masuk dan melewati garis gawang. Keputusan sah atau tidaknya sebuah gol ada di tangan wasit

  • Offside  

Offside adalah terjadi ketika pemain menerima umpan bola, sedangkan posisi saat menerima bola ada dibelakang pemain lawan.

  • Bola Keluar

Bola keluar adalah terjadinya bola keluar dari garis lapangan permainan.

  • Tendangan Sudut
Teknik dasar sepak bola lengkap dengan peraturannya salah satunya tendangan sudut

Teknik dasar sepak bola lengkap yang perlu di latih terus yaitu Tendangan sudut, teknik ini berikan ketika bola keluar dan melewati garis gawang, tendangan gawang dilakukan di pojok lapangan atau di sudut lapangan, biasanya di beri bendera sebagai penanda sudut lapangan.

  • Tendangan Penalti  
Teknik dasar sepak bola lengkap dengan peraturannya salah satunya tendangan pinalti

Teknik dasar sepak bola lengkap yang perlu juga di pelajari yaitu Tendangan pinalti, teknik ini adalah ketika pemain yang sedang bertahan melakukan pelanggaran seperti bola menyentuh tangan atau menjatuhkan lawan di dalam wilayah kotak pinalti. Tendangan ini dilakukan oleh tim yang dilanggar dan punya peluang untuk mencetak goal.

  • Tendangan Bebas
Teknik dasar sepak bola lengkap dengan peraturannya salah satunya tendangan bebas

Tendangan bebas terjadi saat salah satu tim melakukan pelanggaran yang terjadi di luar kotak pinalti dan apabila pelanggaran terjadi di daerah sendiri maka tendangan bebas tidak boleh dihalangi oleh pemain lawan.

Hukuman Kartu dari wasit

Teknik dasar sepak bola lengkap dengan peraturannya salah satunya hukuman kartu dari wasit
Foto : todayonline.com

Hukuman kartu dari wasit ini tidak hanya diberikan kepada pemain yang berada dilapangan saja namun pemain cadangan, pelatih dan official pun bisa mendapatkan nya. Hukuman kartu dari wasit yaitu bewarna merah dan kuning, kartu kuning diberikan saat pemain sudah melanggar pemain lawan atau melakukan tindakan lain yang dinilai tidak sportif, kemudian untuk kartu merah biasanya diberikan kepada pemain yang sudah mendapatkan kartu kuning ke dua, bisa juga terjadi saat pemain melakukan pelanggaran keras terhadap lawan dan ada unsur mencederai.

Sekarang sudah tahu kan teknik dasar sepak bola lengkap dengan sejarah dan peraturannya, semoga materi ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk share keteman kalian. Terimakasih

Baca Juga : Sejarah dan Teknik Dasar Bola Basket dengan Penjelasan Lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *